Health Issue
Travel
Thoughts
Review

The Story Behind Masta Kimchi

By hanaumiya - 21 August 2021


Setelah tiga tahun lebih my baby brand berdiri, hari ini saya memutuskan untuk menuliskan sedikit tentang kelahiran Masta Kimchi_brand hasil kolaborasi dengan salah satu sahabat-rasa-sister yang juga menjadi saksi perjalanan hidup saya selama hampir dua puluh tahun terakhir. Niken, dia pasti tertawa membaca narasi yang menggelitik ini, hehe...

Bisnis rumahan dengan mengusung Kimchi sebagai produksi utama ini kami mulai pada tahun 2018. Meskipun kami berdua adalah pecinta makanan Korea terutama Kimchi, namun tidak pernah terbersit sebelumnya bahwa makanan favorit kami selama ini bisa menjadi ladang bisnis kecil-kecilan. 

Suatu pagi, Niken menemani saya untuk nge-gym di Fitness First Grand Indonesia. Dengan kreatifnya dia membawakan saya bekal sekotak Korean Fried Chicken dengan Korean Sauce dan seporsi kimchi buatannya. Berawal dari sana, kemudian kami mengatur jadwal untuk produksi kimchi sekedar untuk konsumsi pribadi. Produksi pertama kami lakukan dengan hanya menggunakan 3 Kg sawi putih sebagai percobaan. Dalam perjalanannya, bongkar-pasang resep dan bahan berkali-kali terjadi. Kami kemudian mencoba memberikan kimchi tersebut kepada teman-teman terdekat kami, dan di luar dugaan ternyata responnya cukup bagus dan mereka menyukainya. 

Produksi kedua, lagi-lagi masih demi kecukupan stok kimchi pribadi, namun sudah ada satu-dua teman yang turut memesan dengan slogan "sekalian produksi ngga apa-apa deh kalau ada yang mau ikut memesan". Hingga akhirnya kami memberanikan diri untuk membuka batch pertama Pre-Order Masta Kimchi di bulan Januari 2018. Respon yang kami terima lumayan bagus, meskipun mayoritas berasal dari teman-teman kantor dan teman main kami. 

Kami berdua suka menulis blog dan banyak waktu kami habiskan untuk blogging time di berbagai cafe di Jakarta. Blogging time bagi kami tidak berarti kami larut seharian dalam laptop masing-masing, kami juga menjadikan momen ini untuk berdiskusi, berdialog juga mengembangkan ide-ide baik untuk tulisan kami hingga urusan bisnis. Dan dari sanalah kemudian kami mematangkan konsep Masta Kimchi dari yang awalnya hanya untuk konsumsi pribadi menjadi lebih profesional hingga eksistensi Masta Kimchi hingga hari ini.

Kami berusaha menjaga nama brand ini, meskipun tawaran untuk reseller silih berganti berdatangan, namun kami bertahan untuk tetap menjualnya sendiri. Proses produksi pun kami lakukan dengan mata dan tangan kami sendiri meskipun tetap disupport oleh bala-bantuan yang bekerja dengan standar dan pengawasan ketat dari kami. Usaha kecil-kecilan inipun bertahan hingga saat ini, dengan pelanggan setia yang berdatangan tidak hanya dari Jakarta tapi sampai ke Palembang, Riau, Batam, Kalimantan dan yang terjauh ke Sulawesi dan juga Bali. 

Setelah berjalan dua tahun, kami memutuskan untuk melakukan trip bersama ke Korea Selatan yang dengan bangganya adalah dibiayai oleh Masta Kimchi. Yeah, tujuan utama kami ke Korea adalah untuk menikmati Sakura dan kuliner, dan benar saja itulah cara kami menghabiskan sebagian besar waktu kami selama di Seoul dan Gyeongju, melihat Sakura-makan-repeat, hehehe... Yang lucu adalah, setiap kali kami menikmati suatu makanan/ jajanan, kami tidak berhentinya mengomentari dan mereview makanan tersebut sambil menyebutkan bahan-bahan dan bumbu yang ada di dalam makanan tersebut (semacam Gordon Ramsay mengomentari masakan peserta MasterChef Amerika, hehehe)

Sebagian jajanan kami selama di Korea, selebihnya sudah langsung masuk ke perut sebelum sempat difoto :)

Jajanan terbaik selama di Seoul

Sebelum ke Korea, kami sudah cukup sering memasak snack Korea seperti Teokpokki dan Odeng; dan dalam perjalanan kami di Korea saat itu, kami mencoba berbagai macam versi dari jajanan tersebut hingga akhirnya secara tidak sengaja kami menemukan satu snack corner yang membuat kami jatuh cinta dengan rasa otentiknya. Kami mencerna semua detail dari snack tersebut, mulai dari tekstur, rasa serta aftertaste yang kemudian menyisakan kenangan tersendiri bagi kami. 

Sekembalinya dari Korea, kami mencoba menduplikasi snack tersebut sekedar untuk menghilangkan kerinduan kami pada Korea. Dan seperti biasa, berkali-kali bongkar pasang resep kami lakukan hingga akhirnya menemukan resep yang pas yang kami yakini sudah mirip dengan rasa yang kami makan di snack corner Korea tersebut. Siapa sangka, resep rumahan itupun kemudian berhasil membuat kami meluncurkan produk jajanan Korea dengan brand Masta Food, yang masih berada di naungan Masta Kimchi. 

Masta Food sendiri menjual jajanan Korea ready-to-cook seperti Teokpokki, Spicy Odeng and Odeng Soup. Meskipun awalnya kami hanya menyasar existing konsumen dari Masta Kimchi, namun di luar dugaan ternyata Masta Food juga memiliki base konsumen tersendiri hingga hari ini dan membuat kami, kedua owner merasa lebih bersemangat dan tertantang untuk terus memberikan yang terbaik dari setiap hasil produksi kami. 

Masta Kimchi dan Masta Food terlahir dari kecintaan kepada kimchi dan makanan Korea, sehingga setiap proses produksinya pun kami lakukan dengan penuh cinta. Seraya membesarkan anak, kami membangun dan mengembangkan brand ini dengan penuh cinta kasih, termasuk cara kami menjalin hubungan dengan para konsumen. Kami percaya bahwa sebuah brand bisa bertahan tidak hanya karena kualitas dan harga, tapi juga tentang pelayanan serta hubungan baik yang dijalin dengan para konsumen.

Produk Masta Food

Menjalani usaha kecil-kecilan sambil menjalankan pekerjaan masing-masing tentu memiliki tantangan yang tidak sedikit, ditambah lagi drama perbedaan pendapat hingga cek-cok karena berbagai masalah serta pergulatan hormon para wanita pun tak bisa dihindari. Namun, kini kami menyadari bahwa Masta Kimchi justru berhasil mempererat persahabatan yang telah terjalin lebih dari 20 tahun ini. 

Di akhir tulisan ini, saya ingin berterima kasih kepada Niken, partner saya yang sudah sangat luar biasa menghadapi saya, yang telah bersama-sama berjuang hingga hari di mana tulisan ini dipublikasi dan hingga kedepannya, juga kepada para orang-orang terkasih serta konsumen yang telah mempercayai dan mendukung produk baik dari Masta Kimchi maupun Masta Food. Terima kasih untuk cinta yang begitu besar kepada kami.. 

Masta Kimchi love you ALL.... 

Berawal dari berbagai sesi blogging di berbagai sisi Jakarta, hingga menghasilkan our babybrand :)




2 comments

  1. Mastakimchi adalah salah satu bagian dari proses gue dan kita untuk berkembang. Cerita hidup gue dan kita jadi lebih berwarna semenjak kita terjun ke usaha ini. Semoga kedepannya Masta Kimchi bisa tumbuh lebih besar lagi bersamaan dengan tumbuhnya rasa saling cinta di antara kita. Kayaklo juga bakalan geli baca komen ini. Hehe. Terimakasih sudah menulis tulisan yang juga mewakili perasaanku, yang membuatku jadi lebih berbangga lagi, membayar semua tetes keringat dan drama yang pernah terjadi, dan tentu aja, terima kasih udah bayarin jalan2 ke korea!!

    ReplyDelete
  2. Benar sekali aku gelii baca comment ini, hahaha...
    Amin-amin, semoga bisa segera rayain ultah masta yang ke-4 atau 5 di bawah sakura lagi yaa :)

    ReplyDelete