Karma Does Exist

13 August 2017




Pada masyarakat, kata KARMA sudah banyak dikenal luas, karma bisa juga diartikan sebagai hukum tabur tuai atau dengan bahasa harafiahnya adalah bahwa semua perbuatan yang pernah kita lakukan sejatinya akan kembali kepada kita, cepat atau lambat. Nah, dalam islam hal seperti ini disebut dengan kifarah. Jika kita melakukan kebaikan, maka hal baik akan kembali pada diri kita dan begitupula sebaliknya. 

Saya pernah mendengar sebuah kajian yang mengatakan bahwa tidak datang sebuah musibah melainkan karena dosa yang kita buat sebelumnya. Jika kita mendapat musibah, coba ingat-ingat lagi dosa apa yang sebelumnya kita buat, mungkin inilah balasan atas dosa-dosa tersebut.

Di sini mungkin konsepnya sama, pada intinya jika kita berbuat hal negatif maka hal negatif itu akan kembali ke diri kita, pun sebaliknya jika kita berbuat hal baik maka hal baik itu pula akan kembali kepada kita.

Beberapa waktu yang lalu, ketika saya berangkat ke kantor, kartu flash saya tertinggal dan saya randomly minta tolong pada seorang ibu, dan ibu itu dengan senyum langsung memberikan flashnya untuk saya tap masuk tanpa mau saya bayarkan. Padahal sebetulnya saya bisa saja membeli kartu baru dengan harus mengantri di antrian top up, tapi saya memilih untuk minta tolong orang saja, dan ternyata I got it easily. Kemudian saya teringat, kemarin saya mengalami kejadian yang persis sama dengan posisi saya yang meminjamkan kartu flash saya untuk orang lain. Menolong orang dan kita mendapat pertolongan balik dengan cara yang persis sama. 

Contoh lainnya yang lebih seru. kisah seorang sahabat yang sebut saja namanya Rani. Berapa tahun yang lalu dia dihubungi oleh seorang wanita yang tidak dikenalnya, sebut saja namanya Lina. Lina menanyakan status hubungan Rani dengan pacarnya saat itu yang bernama Ari, karena si Ari ini ternyata sedang intens PDKT dengan Lina, sedangkan dari medsos lelaki itu, Lina menemukan bahwa lelaki itu masih berstatus pacar wanita lain yang tak lain dan tak bukan adalah Rani. Keberanian Lina menghubungi Rani tak lain karena dia tidak ingin menjadi perusak hubungan orang, makanya dia ingin memperjelas status lelaki itu sebelum mengenal lelaki itu lebih jauh. Dan dari situ dia jadi tahu orang seperti apa lelaki itu. Dari kejadian ini, Rani dan Lina kemudian menjadi teman baik, mereka sharing pengalaman dan saling meguatkan di saat dibutuhkan. Setahun berlalu hingga kedua wanita itu sudah memiliki pasangan baru masing-masing. Tiba-tiba kejadian di atas terulang persis dalam kehidupan Lina, dia dihubungi oleh wanita lain dan dengan kejadian yang sama terjadi pada pacarnya. 

Awalnya Lina merasa bahwa apa yang dialaminya adalah karma karena dulu dia pernah membongkar kedok Ari di depan Rani, semua dibalas persis sama selang satu tahun berlalu. Namun ketika ditelaah lebih lanjut, sebetulnya Lina sedang menuai hasil dari apa yang ditanamnya dulu, Jika dulu yang dia lakukan telah menyelamatkan Rani dari lelaki tidak baik itu, maka kini giliran dia yang diselamatkan oleh wanita lain dari lelaki itu. Dengan begitu kedua wanita itu sama-sama tahu bahwa lelaki macam mereka bukanlah lelaki baik-baik dan bukan lelaki yang pantas untuk dipertahankan. 

Ketika seseorang berniat dan melakukan sesuatu untuk menyelamatkan orang lain, maka Allah akan membalas hal yang sama dengan cara yang tidak terduga-duga. Dengan cara yang mungkin secara logika agak aneh, tapi ternyata benar-benar terjadi. 

Sama halnya begini, misalnya saja ketika kita dizhalimi oleh orang lain, misal kita difitnah atau diperlakukan tidak baik oleh orang lain, sebetulnya kita tidak perlu membalas semua itu dengan cara yang sama. Kalau kita membalas maka kita tidak ada bedanya dengan orang tersebut. Cukup percaya bahwa Allah akan membalas semua luka, membalas semua sakit hati, semua kerugian yang kita alami melalui tangan-tangan malaikatNya. Percaya deh, tidak ada satu perkarapun yang luput dari mata Allah, sekecil apapun yang kita lakukan kepada orang lain, pun sekecil apapun orang lain melukai kita, Allah sudah persiapkan semua balasannya. Be careful with your action guys!




"Jika kita mendapat satu kebahagiaan, boleh jadi itu adalah hasil dari perbuatan baik yang kita lakukan sebelumnya. Dan jika kita mendapat satu duka, maka boleh jadi itu adalah juga akibat dosa dan kesalahan yang kita lakukan di masa lalu." - HNU



You Might Also Like

0 comments

Subscribe