Life is a Test (Part I)

22 August 2016


Setiap manusia yang ada di muka bumi ini tidak pernah luput dari berbagai ujian yang diberikan oleh Tuhan kepada hambanya. Ujian dalam hidup tidak hanya berupa kesedihan, kekurangan materi dan tidak juga dalam bentuk kesakitan lahir maupun batin. Ujian Tuhan bisa berupa kebagiaan, keberlimpahan materi pun dalam bentuk kesehatan.

Beginilah saya mendefinisikan ujian dalam hidup:

- Tuhan memberikan ujian karena Ia menyayangi umatNya
- Tuhan memberikan ujian karena Ia ingin menguji kesabaran umatNya
- Tuhan memberikan ujian  karena Ia ingin mendengar umatNya meminta dan memohon kepadaNya melalui doa karena Tuhan senang melihat umatnya merayuNya dengan doa.
- Tuhan memberikan ujian untuk melihat seberapa besar usaha umatNya untuk meraih kebahagiaannya, Ia ingin melihat apakah ujian yang diberikanNya mampu mempertebal iman dari hambaNya atau justru sebaliknya.
- Tuhan memberikan ujian sesuai kemapuan umatNya, jadi ketika kita menerima ujian berat sekalipun kita harus tetap percaya bahwa kita pasti bisa melewati ujian ini, karena Tuhan tidak akan memberikan ujian di luar batas kemampuan umatNya. Dan ketika kita merasa tidak mampu dan lelah ditengah mengahadapi ujian itu, ingatlah bahwa itu bukanlah karena ujian yang tidak bisa kita hadapi melainkan bahwa kita butuh lebih banyak kesabaran untuk melaluinya.
- Akan ada kebahagiaan dibalik kesedihan, dan akan selalu ada hikmah dibalik semua ujian yang Tuhan berikan.
- Jika kita bisa melewati cobaan yang diberikan oleh Allah, maka derajat hidup kita akan naik di mata Allah.
- Cobaan akan membuat kita menjadi kuat, adanya masalah dalam hidup ini membuat kita mengetahui kekuatan sebenarnya dari diri kita. Saya pernah mendengah sebuah ucapan "we will know the power of ourself after someone / something hurt you badly" dan itu semua terbukti, tanpa adanya masalah / cobaan kita tidak akan pernah tahu bahwa kita akan mampu melewati cobaan sebesar ini.
- Selalu percaya bahwa ketika kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan, itu bukan berarti Allah tidak menyayangi kita. Allah maha tahu apa yang terbaik untuk setiap umatNya, Allah akan menggantinya dengan apa yang menurutNya lebih baik untuk kita, Allah akan memberikan apa yang kita butuhkan dan bukan apa yang kita inginkan.

Dalam hidup selalu akan ada hitam dan putih, dan kedua warna itu akan selalu berputar bergantian seperti halnya hidup ini, adakalanya kita berada di atas dan adakalanya juga kita berada di bawah, anggaplah warna putih sebagai simbol kebahagiaan dan kehidupan yang nyaman serta bahagia dan hitam sebagai simbol cobaan dan kesedihan. Jika saat ini hidup kita sedang berada di zona putih, maka janganlah kita terlalu lupa diri hingga lupa bahwa sesungguhnya kelak akan ada warna hitam yang menanti kita di depan sana. Terkadang saat kit bahagia dan kehidupan kita berjalan normal, kita tidak menyadari bahwa semua ini hanyalah sementara, sekecil apapun Tuhan akan memberikan gerigi dalam hidup kita yang berfungsi untuk menegur ataupun justru untuk memperbaiki diri kita, memperkuat diri kita dan kita sebagai manusia. Pun ketika hidup kita saat ini sedang berada dalam zona hitam yang penuh dengan cobaan dan kesulitan, percayalah janji Allah bahwa cobaan sebesar apapun yang sedang kita hadapi merupakan jalan Allah untuk menegur dan memperbaiki diri kita, yakin bahwa setelah semua cobaan ini akan ada kebahagiaan yang menanti, seberat apapun itu kita hanya harus menambah porsi kesabaran dalam diri, terus berjalan sesuai ajarannya, berdoa dan tawakkal. Insyaallah Allah akan memberikan jawaban atas semua kesabaran kita. Allahuma Amiiinn..

"Berprasangka baiklah kepada Allah, karena Allah sesuai prasangka hambaNya"


You Might Also Like

2 comments

  1. jika kamu bisa menulis seindah dan sekuat ini, kamu pasti sudah menerapkannya dalam diri kamu. keep strong! Allah is always there for you when no one else is :)

    ReplyDelete
  2. Thankk youu keen for your endless support! :)

    ReplyDelete

Subscribe