Tips and Tricks before off to China

30 March 2019


China merupakan salah satu negara yang memiliki banyak tempat wisata sejarah yang sangat menarik dan menjadi salah satu bucket list wajib bagi para traveler khususnya yang menggilai sejarah dan budaya, seperti saya misalnya. Setiap kota dan wilayah di China menyimpan sejarahnya masing-masing, setiap bangunan memiliki kisah dan cerita yang teramat luar biasa untuk disaksikan dengan mata kepala sendiri. Meskipun traveling ke China sudah lama masuk dalam bucket list saya, namun selama ini selalu maju mundur untuk mengeksekusi perjalanan ini karena satu dan lain hal. Namun kali ini saya memantapkan hati dan bersiap untuk mengeksplor berbagai kisah sejarah yang mungkin selama ini hanya kami baca dalam buku selama kuliah. 

Berdasarkan pengalaman teman-teman yang sudah pernah travelling ke China atau bahkan teman kami yang sudah pernah tinggal di China, akhirnya kami mempersiapkan segala sesuatunya termasuk mempersiapkan mental untuk menghadapi 'unusual things might be seen' dalam trip kami di China.  Issue utama adalah mengenai toilet umum di China, hmm.. ini dia yang sebetulnya mengkhawatirkan bagi saya, karena kalau mendengar pengalaman teman-teman ya issue mengenai toilet is the biggest disaster for most traveler.

Pertama kali menjejakkan kaki di Beijing Capital International Airport, agak ngeri juga untuk masuk ke toilet, tapi ternyata masih aman, toiletnya bersih, ada tissue namun tetap smells so bad. Kondisi yang sama dan masih dalam kategori aman untuk beberapa mal yang kami kunjungi di pusat kota. Sedangkan toilet di kawasan tempat wisata sepanjang pengelihatan dan pengalaman juga masih aman kebersihannya, alhamdulillah belum pernah sekalipun melihat 'zonk' seperti yang diceritakan teman-teman sebelumnya, hanya saja tidak pernah ada tissue dan sabun tangan. Kondisi toilet terparah adalah di stasiun kereta, waktu itu sesampainya kami di Xi'an Railway Station setelah menempuh perjalalanan panjang dari Beijing, kami bergegas ke toilet untuk sekedar berganti baju, feeling saya sudah tidak enak sejak masuk pintu toilet dan ternyata benar-benar 'separah' itu, sampai kami mundur lagi saking takut melihat yang lebih menyeramkan di dalam sana. Tapi akhirnya kami memberanikan diri untuk maju dan mengintip ke beberapa bilik yang penampakannya 'aman'. 

Nah, itu hanya satu dari sekian banyak kejutan yang terjadi dari trip saya di China and here we go, I will share some Essential Things for your trip to China :

1. Bawa toiletries kemanapun kalian pergi : sabun tangan, tisu kering, tisu basah. Believe me you guys will need to refill those item within less than 2 days in China.

2. Minyak angin / minyak kayu putih dan cologne dalam botol kecil. Saya tidak pernah tahan dengan semua bebauan, jadi biasanya sesaat masuk toilet saya akan menyemprotkan cologne di toilet dan mengoleskan minyak angin di hidung, khawatir karena bebauan tidak nyaman itu bisa membuat saya pingsan di dalam toilet, hehehe...

3. Gunakan kloset duduk instead of kloset jongkok. Setelah satu hari mengalami berbagai kejutan dari berbagai macam toilet di China dan mengamati kebiasaan penggunanya, kami menyimpulkan bahwa masyarakat China tidak terlalu suka menggunakan kloset duduk, mereka selalu menggunakan kloset jongkok. It means, kebersihan kloset duduk jauh lebih baik daripada kloset jongkok. Oleh karena itu kami selalu memilih toilet duduk demi kemaslahatan bersama.

3. RMB dalam bentuk pecahan. Saya pernah dimarahi oleh pedagang hanya karena saya tidak memiliki uang pecahan untuk membeli barang di tokonya, haha..

4. Jangan lupa menyiapkan masker. Seperti yang kalian tahu, polusi udara di Cina termasuk salah satu yang cukup akut, oleh karena itu selalu siapkan masker sekali pakai di kantong yaa. Hari pertama di China langsung terasa polusi yang jauh lebih parah dari Jakarta. Bagi kalian yang sering mengeluhkan betapa berpolusinya Kota Jakarta kita ini, rasanya kalian akan sangat bersyukur berada untuk tinggal di sini jika dibandingkan dengan udara dan polusi di China. Saya tidak bisa bertahan di luar ruangan di sana tanpa menggunakan masker. bukan hanya polusi yang terasa, debu juga tidak kalah menyebalkan. Jadi don't forget to prepare your own mask dear.

5. Prepare yourself to deal with 'unusual yet weirdest things' did by their people. Beberapa hal aneh dan mencengangkan saya saksikan dan alami sendiri yang akhirnya cuma bisa menggeleng-gelengkan kepala saking tidak habis pikirnya. Salah satunya adalah ketika kami di Tian'anmen Square, di lapangan itu ada taman bunga besar dan cantik banget dan juga biasa dijadikan tempat foto-foto bagi pengunjung. Tiba-tiba ada anak kecil berumur sekitar 5 tahun sedang difoto oleh ibunya, kemudian si anak bilang ke ibunya (mungkin dia bilang "aku mau buang air kecil, Bu") nah si ibu dengan sigap tepat di tengah lapangan membuka celana anak itu dan terjadilahhhh tepat di tengah-tengah lapangan di depan taman-taman bunga yang mana dilewati oleh beribu pasang pengunjung. Damn..

6. Harus banyak-banyak sabar. Apalagi kalau berurusan soal antrian sama ibu-ibu di sana, adegan menyelak antrian itu hal yang wajar dilakukan oleh kebanyakan orang di sana. Apalagi kalau dalam antrian toliet dan kalian memakai toilet terlalu lama (bagi mereka yang gak sabaran), mereka bisa saja menggedor-gedor pintu sambil marah-marah dalam bahasa Mandarin semacam pintu mau didobrak, hahaha... Nah hal-hal seperti ini, kita sebagai traveler alias tamu cuma bisa memaklumi tho, mau balik marah ya juga ngga bisa kan, keep sabr ya guys..
Taman bunga di Tian'anmen Square

Sekian dulu yaa sharingnya, next time kalau terpikirkan lagi akan saya lengkapi tulisan ini agar lebih bermanfaat buat yang kebetulan membutuhkan informasi ini.

see you! 

You Might Also Like

0 comments

Subscribe