A Drop of Dew in the Corner of Shanghai

13 May 2018

Fuyou Road Mosque dari pintu masuk
Siang itu, di tengah panasnya kota Shanghai di sekitar Yuyuan Garden, mataku tertuju pada sebuah bangunan tepat di seberang tempatku berdiri. Aku melihat ada tulisan kaligrafi arab terpampang jelas pada papan nama di atas pintu masuk bangunan tersebut. Aku sempat ragu apakah benar itu mushola atau masjid seperti yang aku harapkan, karena dari tampak depan, gedung itu hanya berupa ruko yang berjajar tepat di sebelah toko souvenir di sepanjang jalan Fuyou. Namun kemudian aku melihat seorang lelaki memakai baju gamis dan peci putih berdiri tepat di dalam pintu gedung tersebut. Tanpa ragu aku langsung bergegas menghampiri kedua sahabatku untuk memberitahukan mereka bahwa aku mau sholat dulu di masid tersebut. 

Dengan wajah sumringah aku langsung bergegas menuju pintu masuk gedung dan menghampiri lelaki tersebut untuk make sure bahwa ini adalah benar masjid seperti yang aku prediksi dan ternyata benar, inilah dia Fuyou Road Mosque Shanghai. 

Aku langsung bergegas membuka sepatu dan mencari tempat wudhu karena aku benar-benar merindukan tempat sholat yang nyaman dan layak setelah lima hari kesulitan untuk mendirikan sholat dengan tenang dan nyaman.

Kebahagiaanku selanjutnya adalah, ini adalah kali pertama aku menemukan toilet yang bersih dan berbau wangi sejak pertama kali aku menjejakkan kaki di negeri ini. Sempat terharu namun langsung terpikir di benakku bahwa inilah Islam yang mengajarkan kebersihan. Di tengah tantangan kebersihan toilet di tempat-tempat umum di China yang cukup 'mengerikan', ternyata masih ada tempat dengan toilet yang sangat bersih dan nyaman di sudut kota ini, dan inilah rumah suci agama Islam, dan inilah agamaku.

Setelah sempat bersih-bersih dan wudhu, aku kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan Sholat Zhuhur dan Ashar dengan di-jamak. Suasana Masjid Fuyou Road ini sangat tenang, hening dan saat itu hanya ada satu orang wanita lagi dan satu lelaki yang juga sedang melakukan sholat. Dan aku sempat mendengar lelaki tersebut melantunkan Iqamah dengan merdunya di tengah keheningan  masjid dan subhanallah aku hampir menitikkan air mata saking bahagianya mendengan nama Allah dilantunkan setelah sekian hari tidak mendengarnya. 

Bilik Sholat Perempuan
Foto di atas ini adalah bilik sholat untuk jamaah perempuan, di sini terdapat meja dan kursi yang aku prediksi dijadikan sebagai sarana untuk belajar mengenai islam bagi para pemeluk ataupun komunitas agama islam di kota Shanghai. Bahkan ketika aku melaksanakan sholat di sana,  ada seorang wanita yang juga sedang khusuk membaca alquran di salah satu sudut masjid.  Dan itu merupakan pemandangan yang sangat indah nan menyejukkan. 
Ruangan cukup besar mampu menampung hingga 100 jamaah


Sedikit gambaran tentang masjid ini, sebetulnya masjid ini berada di deretan ruko-ruko tempat menjual souvenir di sepanjang jalan Fuyou (disekitar Yuyuan Garden). Pintu depan masjid ini hanya terlihat seperti ruko dengan tulisan kaligrafi arab yang cukup besar di depannya, jika melihat sekilas mungkin tidak banyak yang menyadari kalau bangunan ini adalah masjid. Bahkan saya baru meyakini bangunan tersebut adalah masjid setelah melihat ada lelaki bergamis dan peci putih di depannya. Namun jika kita melihat secara seksama,  ternyata di atap bagunan tersebut ada kubah yang memperkuat bentuk bangunan itu sebagai masjid.  

Pintu Masuk Menuju Ruang Sholat
Setelah masuk pintu utama masjid,  kita akan menemukan sebidang halaman yang menghubungkan ke bagunan utama tempat jamaah melakukan sholat.  Di depan pintu ruang sholat juga disediakan dispenser air panas dan dingin beserta gelas bagi jamaah atau traveler muslim yang membutuhkan air minum. Tak ketinggalan ada jadwal sholat digital beserta sakelar untuk digunakan para jamaah. 
Tersedia Air Minum untuk Jamaah

Halaman Masjid terletak tepat sebelum pintu masuk menuju ruang sholat

Jadwal Sholat  dan Sakelar untuk Charger

Salah satu sudut taman di Masjid Fuyou Road

Pintu Depan Masjid 

Penampakan Masjid Fuyou Road dari Depan Jalanan
Nikmatnya bisa sholat di masjid di tengah negeri dimana muslim menjadi minoritas itu rasanya sungguh luar biasa. Jika teman-teman sedang berada di sekitar Yuyuan Garden, coba deh untuk mampir ke Masjid ini,  aku pribadi sangat menyukai konsep masjid yang sangat simple nan cantik ini.  Will be back here when I visited Shanghai next time.

Alamat Fuyou Road Mosque Shanghai
Add:  No. 378, Fuyou Road, Shanghai
Tel: 021-63282135
Gender Allowed: male & female travelers
Capacity: 100 
sumber : islamichina.com

You Might Also Like

1 comments

  1. yuhuuuuu akhirnya posting juga. taro komen dulu ah baru bacaa :D *kayaknya aku telat banget, sejak kapan ga buka blog coba wkwk

    ReplyDelete

Subscribe