Sabtu di Jendela Jakarta

13 April 2017


Sabtu ini saya melakukan kegiatan yang menarik bersama Komunitas Jendela Jakarta Manggarai. Jendela Jakarta adalah sebuah perpustakaan yang didalamnya megandung misi sosial untuk menggerakkan minat baca bagi anak-anak di sekitaran stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Selain berbentuk perpustakaan, di sini juga mengadakan kegiatan pendampingan belajar sesuai dengan tema-tema tertentu yang telah disiapkan oleh divisi program Jendela Jakarta sendiri melalui kerjasama dengan relawan pendidik. 

Perpustakaan Jendela Jakarta sendiri terdiri dari tiga tempat, yakni Manggarai, Serpong dan Sungai Bambu. Untuk perpus Manggarai sendiri letaknya sangat mudah dijangkau, dari stasiun Manggarai kami hanya perlu berjalan ke arah kanan hingga SMK____ dan tidak jauh dari situ sudah terlihat spanduk Jendela Jakarta.

Hari ini, saya dan beberapa teman baru saya berkunjung ke sana untuk melihat-lihat terlebih dahulu bagaimana konsep dan sistem pengajaran di Jendela Jakarta ini, dan ini adalah kali pertama kami hadir di sana untuk bertemu adik-adik. Untuk pembagian kelas sendiri dibagi menjadi 3 kelas, kelas A untuk anak PAUD sampai TK ; kelas B untuk anak kelas 1 sampai kelas 6 SD dan kelas C untuk kelas SMP.

Karena masih baru, kami diminta untuk melihat-lihat dan mendampingi adik-adik yang sedang menerima materi pelajaran sore itu, dan saya memilih untuk berada di kelas A bersama adik-adik PAUD dan TK. Awalnya sempat bingung karena seperti biasa anak-anak seusia ini lumayan sulit untuk dikontrol, ditambah lagi belum ada sistem pengajaran yang terprogram. Jadi agak sulit bagi saya untuk mengikuti jalannya bimbingan ini, karena jauh berbeda dengan KI yang sudah biasa saya ikuti sebelumnya.

Sangat menyenangkan bisa menemani anak-anak ini belajar, terlebih saya melihat betapa anak-anak begitu open, begitu berani untuk mengenal kami yang notabene adalah orang-orang baru yang tidak pernah mereka temui sebelumnya. Mereka dengan manjanya duduk di pangkuan kami, belajar bersama hingga bernyanyi bersama, yaa Tuhan, Engkau memberiku kesempatan lagi untuk menikmati momen berati ini, terima kasih yaa Allah.

Kehidupan masyarakat di sekitar sini bisa dikategorikan menengah ke bawah, sehingga keberadaan perpustakaan Jendela Jakarta ini bisa menjadi pilihan bagi anak-anak untuk mengisi waktu luang mereka. Yang membuat aku salut adalah, anak-anak ini datang ke perpus ini dengan kesadaran mereka sendiri, padahal mereka bisa memilih untuk bermain di luaran di hari libur mereka, tapi mereka memilih untuk datang ke perpus ini dan melakukan berbagai kegiatan positif bersama teman-teman lainnya. 

Seperti biasa, keseruan menjadi relawan bukan hanya mengenai manfaat apa yang kita bisa berikan kepada orang lain, juga bukan hanya mengenai kepuasan batin setelah melakukannya, tapi juga karena kita bisa bertemu dengan orang-orang baik dan hebat dalam komunitas ini, bertemu dan berinteraksi dengan para relawan luar biasa yang memiliki hati dan kepedulian untuk kemajuan bangsa ini melalui pendidikan.

Bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang baik dan berada di lingkungan yang positif akan membuat kita terpacu untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi dan lebih bermanfaat lagi bagi orang lain. Allah Maha Baik menempatkan saya ditengah-tengah orang baik, mempertemukan saya dengan orang-orang dengan hati yang sangat mulia di tengah kerasnya dunia yang selama ini saya jalani, maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kau dustakan?


"Bersamalah orang-orang yang bisa membuatmu menjadi manusia yang lebih baik, dan lepaskanlah orang-orang yang justru akan membawa pengaruh dan mudhorot bagimu di dunia dan akhirat kelak." -Hana





You Might Also Like

1 comments

  1. Quoteees bangeeet :*
    bener2 jadi ketagihan ya sekarang haha, anyway gue udah daftar ki jkt 6, mudah2an keterima yaaa, kalo ngga keterima nanti aku ngambeek!

    ReplyDelete

Subscribe