Weekend List - Lari dari Mall dan Pergi ke Gunung

5 November 2016


Weekend kali ini saya dan kedua sahabat saya Ajeng dan Minda akan melakukan hal yang berbeda dari biasanya. Kalau biasanya quality time kami habiskan di mall atau cafe, maka kali ini kami memutuskan untuk mengikuti Open Trip ke Gunung Padang-Padang di wilayah Jawa Barat untuk merasakan sensasi yang berbeda.

Kami berkumpul di Plaza Semanggi pada hari Sabtu pagi dan sekitar pukul 07.30 kami mulai bertolak meninggalkan Jakarta. Open Trip kali ini terdiri dari 14 orang termasuk tour leadernya, dan ini adalah pertama kalinya saya mengikuti open trip semacam ini, menyenangkan.

Seperti weekend pada umumnya, wilayah Puncak selalu macet tiada tara, perjalanan dari Jakarta menuju daerah Cianjur kami tempuh dalam waktu lebih dari 3 jam. Setelah melewati Cianjur, perjalanan menuju lokasi Gunung Padang-Padang pun masih cukup jauh, ditambah kondisi jalanan menuju TKP bisa dikatakan kurang bersahabat. Jalanan yang tidak bagus dan cenderung sempit membuat mobil Elf yang membawa kami semua tidak bisa melaju dengan kecepatan normal. Hingga tepatnya sekitar pukul 12.30 kami singgah di Stasiun Lampegan untuk makan siang dan berfoto di terowongan yang menjadi spot foto favorit kebanyakan orang.
Stasiun Lampegan
Setelah selesai makan siang dan sesi foto di Stasiun Lampegan, kami kemudian melanjutkan perjalanan menuju Situs Megalitikum Gunung Padang-Padang yang menjadi destinasi utama kami. Sekitar 15 menit menempuh perjalanan, kamipun sampai di lokasi parkir Gunung Padang-Padang, dan untuk mencapai pintu masuk kami masih harus berjalan dari lokasi parkir menuju ke atas lokasi pintu masuk ke situs tersebut. Perjalanan itu bisa ditempuh dalam waktu 20 menit dengan berjalan santai, dan untungnya meskipun treknya sangat menanjat tapi jalananya sudah diaspal dan sangat nyaman untuk dilewati. Jika kita tidak ingin berjalan kaki, kita bisa menggunakan jasa ojek sebagai alternatif lainnya dari lokasi parkir menuju main enterance Gunung Padang-Padang, dengan biaya 15,000 kita bisa sampai dengan santai di lokasi. Nah ini juga merupakan salah satu trik agar kita bisa menghemat tenaga ketika mendaki ke pusat Situs Megalithikum.
Anak Tangga Menuju Puncak Situs
Sesampainya di lokasi Gunung Padang-Padang, kami kemudian diarahkan untuk mendaki anak tangga yang sangat tinggi dan bisa dikatakan sangat curam dan licin. Kamipun perlahan mendaki satu per satu anak tangga tersebut dengan pemandangan pepohonan di kanan dan kiri trek tanjakan kami. Lelah memang, tapi semakin ke atas udara yang kami rasakan semakin segar dan membuat kami tidak sabar untuk mencapai puncak utama gunung ini. Setelah mendaki hampir 30 menit akhirnya kami tiba di hamparan bebatuan Situs Megalithikum Gunung Padang-Padang.
Foto diambil dari puncak Gunung Padang-Padang
Udara di atas yang begitu sejuk dan segar membuat kami tidak ingin beranjak. Aku dan kedua sahabatku tidak langsung mengeksplor hamparan bebatuan tersebut, kami memilih untuk duduk sejenak untuk beristirahat sambil menikmati udara dan hawa yang sangat segar tersebut. Sangat nyaman dan sangat menenenangkan.

Selesai beristirahat kami kemudian mengeksplor semua spot untuk kami abadikan dalam foto dan juga untuk foto wefie kami tentunya :) dan jujur, hamparan bebatuan alami ini sangatlah indah, tersebar seperti gundukan-gundukan bebatuan yang seakan disusun menyerupai pola tertentu. 


Cuaca pada hari itu lumayan bersahabat, di perjalanan Jakarta menuju Puncak kami disiram gemericik hujan yang membuat suasana menjadi sangat sejuk, hujan yang berhenti kemudian digantikan oleh cerahnya awan yang membuat kami begitu menikmati perjalanan. Pun ketika kami berada di Situs Gunung Padang-Padang, perjalanan kami diiringi gerimis-gerimis kecil dengan langit yang sangat cerah, sehingga dingin dan sejuknya pegunungan begitu terasa selama perjalanan.

Setelah puas menikmati udara dan pemandangan di puncak gunung, kamipun turun sekitar pukul 16.30 mengingat kabut tebal sudah mulai turun. perjalanan turun kami tempuh dalam waktu 30 menit hingga kami tiba di lokasi parkir mobil, Mobil kami kemudian bertolak menuju Jakarta dan selesailah open trip saya kali ini.

Sampai jumpa pada trip-trip berikutnya  :)

You Might Also Like

0 comments

Subscribe