Road to Kelas Inspirasi Depok 3

16 October 2016

Poster Kelompok 7 KI Depok 3 (Design by Rangga)
Kelas Inspirasi adalah salah satu bagian dari Gerakan Indonesia Mengajar yang diperuntukkan bagi kalangan profesional untuk mengenalkan profesi yang mereka jalani kepada para siswa SD dan setingkatnya. Kegiatan ini merupakan kegiatan sukarela yang bertujuan untuk membuat para siswa mengetahui berbagai macam profesi yang ada ditekuni oleh berbagai macam orang di sekitar mereka, agar mereka bisa bermimpi lebih tinggi, lebih nyata dan memiliki bayangan mengenai profesi yang mereka inginkan kelak ketika mereka dewasa. 

Ini adalah pengalaman pertama saya bergabung dalam kegiatan Kelas Inspirasi, dan kali ini saya berkesempatan untuk bergabung dalam kelompok 7 Tim KI Depok 3. Tim kami terdiri dari 8 orang Inspirator dari beragam profesi, 1 orang fasilitator, 1 orang fotografer dan 1 orang videografer, dan kami berkesempatan untuk memberi inspirasi di sekolah MIS Al-Hikmah, Bojongsari, Depok. 

Hari Inspirasi Regional Depok kali ini akan diadakan serentak pada hari Senin, 17 Oktober 2016. Dan hari Sabtu kemarin, 15 Oktober 2016 saya dan teman-teman kelompok 7 melakukan survey sekaligus perkenalan ke sekolah tersebut. Di sana kami disambut oleh Bapak Irvan sebagai Kepala Sekolah dan beberapa guru lainnya, banyak hal kami diskusikan bersama mulai dari kegiatan belajar mengajar hingga kondisi anak-anak didik di sekolah tersebut. Setelah berdiskusi panjang kamipun berkesempatan untuk berkeliling melihat ruang kelas, tempat jajan, mushola, dan beberapa fasilitas yang ada di sekolah. 

MIS Al-Hikmah, Bojongsari, Depok
Berkunjung ke sekolah itu membuat saya seperti terlempar ke masa 20 tahunan yang lalu ketika saya masih mengenyam pendidikan dasar di Madrasah Ibtidaiyah, memang kalau di lihat dari segi fasilitas bisa dikatakan bahwa sekolah saya masih lebih beruntung karena memiliki fasilitas yang lebih baik. Namun suasana sekolah, guru-guru dan lingkungan sekolah itu benar-benar mengingatkan saya pada masa-masa itu. Terlebih, dulu saya bersekolah di tempat ayah saya bekerja, dan itu membuat saya sangat merindukannya.

Survey singkat itu benar-benar berarti bagi saya, membuat semangat ini begitu menggebu-gebu tidak sabar untuk masuk ke dalam satu per satu kelas itu sebagai 'guru' bagi mereka, meskipun hanya satu hari. Kami hanya berharap bahwa kehadiran kami esok hari bisa menjadi motivasi bagi adik-adik untuk terus memiliki mimpi dan berusaha mewujudkannya.Setiap anak-anak berhak memiliki mimpi yang tinggi, dan mereka berhak mendapat kesempatan untuk mewujudkan mimpi besar mereka. 

Satu hari akan menginspirasi seumur hidup!


 #volunteer #kelasinspirasi #ki #kelasinspirasidepok #indonesiamengajar 

You Might Also Like

0 comments

Subscribe