Hari Inspirasi Depok 3

21 October 2016


Happy Inspiration Day!

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba. Hari Inspirasi di mana kami sebagai team akan memberikan kontribusi nyata kami secara langsung kepada anak-anak di sekolah MIS Al-Hikmah, Bojongsari, Depok. Dan di sinilah semua keseruan dan pengalaman berharga saya di mulai.

Pagi itu kami berkumpul di sekolah MIS Al-Hikmah pukul 6.00 dan langsung masuk ke ruang perpustakaan yang akan kami gunakan sebagai ruangan operasional kami selama satu hari. Setelah masuk ke ruangan, kami mulai menyiapkan semua properti dan persiapan yang masih belum selesai. Oiyaa, kegiatan belajar-mengajar di sekolah ini di mulai dengan  tadarus Al-Quran di setiap kelas pada pukul 07.30 dan baru kemudian dilanjutkan dengan jam pelajaran pertama pada pukul 08.00. 

Bel tanda masuk kelaspun berbunyi pada pukul 07.30, semua anak-anak berbondong-bondong berlarian menuju ruang kelas mereka masing-masing. Mereka yang sedang bermain di luar kelas, mereka yang sedang jajan di luar kelas semua bergegas masuk ke ruang kelas untuk memulai tadarus di ruang kelas mereka masing-masing. Dan kami, mulai bersiap dan berdoa untuk kelancaran kegiatan kami hari ini. Sekitar pukul 07.45 semua anak-anak diarahkan untuk menuju lahan parkir di mana pihak sekolah akan menginformasikan mengenai kegiatan Kelas Inspirasi ini beserta perkenalan singkat dengan para relawan.

Para Inspirator, Fotografer dan Videografer KI Depok 3 Kel.7 (Sebelum masuk kelas)

Sebelum anak-anak dibubarkan dari barisan, kami mengajak anak-anak beserta guru-guru MIS Al-Hikmah untuk meneriakkan tagline dari kegiatan KI ini untuk menambah semangat di pagi hari ini. "Kelas Inspirasi Membangun Mimpi Anak Indonesia" begitulah tagline yang kami gaungkan dan honestly kalimat itu berhasil menggetarkan hati saya. 

Waktu menunjukkan pukul 08.00 dan artinya kami semua harus mulai masuk ke dalam ruang kelas sesuai jadwal mengajar yang telah di bagikan. Untuk kelas pertama saya akan mengajar di kelas V yang hanya terdiri dari 25an orang siswa. Saya kemudian masuk dengan membawa seperangkat peralatan perang yang sudah saya siapkan dari rumah. Dengan penuh rasa deg-degan saya akhirnya masuk dan berdiri di depan anak-anak kelas V dan membuka percakapan. Melihat senyum dan tawa anak-anak membuat saya merasa sangat nyaman dan lupa akan ketegangan yang saya rasakan sebelumnya, dan sayapun memulai menyampaikan materi mengenai Bankir seperti yang sudah saya buat di dalam lesson plan kemarin.

Alat Peraga Profesi Bankir
Setiap inspirator memiliki waktu 40 menit di setiap jam pelajaran untuk menyampaikan materi dan perkenalan mengenai profesi masing-masing. Bahkan saya merasa bahwa di kelas V ini waktu berjalan begitu cepat hingga tiba-tiba seorang inspirator yang saat itu bertindak sebagai time keeper mengingatkan saya bahwa sesi mengajar akan selesai dalam 5 menit. Saya sedikit kaget karena saat itu materi yang saya sampaikan bahkan belum sampai setengahnya, tapi saya berusaha merangkum dan menutup sesi di kelas tersebut dengan kata-kata motivasi untuk membangkitkan semagat adik-adik semua dalam meraih dan mewujudkan mimpi besar mereka
Me around the 5th grade students (they are such a nice and smart students)
Selain kelas V, saya juga mendapat jadwal mengajar di kelas III dan kelas VI. Saya bersyukur karena semuanya berjalan lancar. Sedikit cerita ketika mengajar anak-anak kelas III, sejujurnya saya merasa sedikit kewalahan karena jumlah muridnya yang lumayan banyak, di tambah lagi kondisi kelas yang kurang kondusif karena anak-anak sulit sekali diajak untuk fokus, meskipun begitu saya tetap memutar otak agar anak-anak tetap tenang dan fokus dengan apa yang akan saya sampaikan di kelas.

Lain halnya dengan siswa kelas VI, saya merasa bahwa siswa di kelas VI sangat cerdas dan kritis, mereka semua kompak untuk saling menjaga konduktifitas di dalam kelas sehingga materi yang saya sampaikan bisa diterima dengan baik oleh mereka, pada akhirnya sayapun memberikan beberapa bonus materi tambahan secara spontan karena rasa keingintahuan mereka yang sangat tinggi akan profesi yang saya tekuni.

Me around the 6th grade students
Selesailah tugas saya sebagai inspirator hari ini, dan di jam pelajaran terakhir di setiap kelas setiap inspirator akan memberikan Kartu Pos Mimpi kepada setiap siswa. Kartu pos tersebut harus diisi nama dan cita-cita mereka kelak, dan kemudian anak-anak akan memasukkan kartu pos tersebut ke dalam Kotak Pos Cita-Cita yang telah kami siapkan.Kartu pos ini nantinya akan diberikan kepada orang tua mereka masing-masing ketika pengambilan raport.
Kartu Pos Mimpi

Ketika anak-anak memasukkan Kartu Pos Mimpi ke dalam Kotak Pos. (Insyaallah mimpi kalian terwujud ya nakk)
Setelah prosesi memasukkan kartu pos semua murid selesai, kami kemudian menghabiskan waktu untuk berfoto-foto bersama anak-anak serta bapak-ibu guru sekolah MIS Al-Hikmah.
Berfoto di photobooth bersama adik-adik

Setelah berfoto kami memberikan secara simbolis Kotak Pos Cita-cita yang berisi Kartu Pos Mimpi kepada Bapak Kepala Sekolah beserta sedikit kenang-kenangan dari kami untuk sekolah MIS Al-Hikmah.
Kami bersama Bapak Kepala Sekolah MIS Al-Hikmah dan para guru

Setelah berpamitan dengan pihak sekolah, kami menyempatkan diri untuk mencicipi jajanan yang dijajakan di depan sekolah itu. Berkunjung ke sekolah SD manapun tidak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk sekedar icip-icip jajanan sekolah. Setelah puas jajan-jajan, kami kemudian menghabiskan waktu dengan makan siang bersama sambil mengobrol di salah satu tempat makan di bilangan Depok.

8 Inspirator, 1 Fototgrafer, 1 Videografer dan 2 orang Fasilitator.
Ini adalah pertama kalinya saya mengikuti kegiatan KI, dan kegiatan ini benar-benar memberi saya banyak pelajaran dan pengalaman berharga. Di sini juga saya bertemu dengan orang-orang hebat yang bersedia meluangkan waktunya untuk memberikan kontribusi nyata mereka bagi pendidikan anak-anak indonesia. Saya hanyalah orang biasa di tengah orang-orang istimewa ini, mereka yang sudah sangat akrab dengan dunia kerelawanan, mereka yang sudah sangat nyaman dan pandai menghadapi anak-anak, dan mereka yang memiliki niat dan tekad yang besar untuk turut serta membangun kemajuan pendidikan Indonesia.
Bersama KI dan bersama teman-teman relawan selama 2 hari kemarin telah membangunkan saya dari tidur panjang selama ini, saya yang selama ini hanya sibuk dengan kehidupan sendiri, sibuk mencari kebahagiaan dengan cara yang tidak produktif, dan saya yang tidak bisa bermanfaat bagi orang lain. Kini saya bertekad untuk memberdayakan diri ini untuk bisa bermanfaat bagi orang lain, bermanfaat bagi masyarakat dan bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Saya percaya bahwa sesedikit apapun hal yang kita lakukan akan memiliki arti dan dampak yang luar biasa jika kita melakukannya dengan tulus dan ikhlas.
KI telah mengajarkan saya mengenai definisi baru tentang 'BAHAGIA'. Bahagia bukanlah ketika bisa mendapatkan segala yang kita inginkan, bahagia adalah ketika kita mampu berbagi atas apa yang kita miliki kepada orang lain, dan melalui KI aku mendapatkannya.

Surat kesan & pesan dari seorang murid untuk saya
Saya mendapatkan sebuah surat dari seorang murid yang diberikan oleh teman inspirator di kelasnya, saya sangat terharu dan bahagia membaca surat itu, saya tidak menyangka bahwa apa yang saya berikan di kelas bisa membuat mereka begitu termotivasi seperti ini. Honestly, this is the greatest happiness I've got from KI. Bahagia karena kehadiran saya ternyata bisa memberikan manfaat bagi orang lain, bagi adik-adik, dan bagi cita-cita mereka. Terima kasih KI, terima kasih teman-teman Kelompok 7 yang luar biasa. Terima kasih Tuhan telah memberi saya kesempatan untuk mengenal KI, bergabung di KI dan bekerja sama dengan orang-orang hebat di dalamnya. 

I promise it won't be the last. It would be the first step for me to chase my another dream in 'this world'. :)


Kindly find our team video on youtube.

You Might Also Like

2 comments

  1. Hai Han, aku menemukan blog muuuuu hehehe
    Semangat terus menginspirasi <3
    Ssemoga kita ketemu di KI yang lain yaaaah :)

    ReplyDelete
  2. Putttriii... makasii sudah berkunjung ke blogkuuhh,hehe.. ditunggu tulisanmu selanjutnya, aku sukaa :)

    Amiin amiinn, smg bisa bareng si KI selajutnyah :)

    ReplyDelete

Subscribe